Monday, June 29, 2015

Penggunaan Teknologi Informasi dalam E-Business



MODUL PERKULIAHAN



Sistem Informasi Manajemen



Penggunaan Teknologi Informasi dalam E-Business











Fakultas
Program Studi
Tatap Muka
Kode MK
Disusun Oleh


Ekonomi
Manajemen
03
MK




Abstract
Kompetensi


Materi lebih membahas mengenai implementasi sistem, faktor-faktor, dan metodenya.   
Output yang dihasilkan setiap mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan seperti apa pelaksanaan informasi di lapangan.





Pendahuluan


Teknologi Informasi adalah teknologi komputer yang digunakan untuk mengolah data, meliputi   mendapatkan data, memprosesnya, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yang dapat digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, maupun pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

E-Business adalah singkatan dari Electronic Business, dapat didefinisikan sebagai kegiatan bisnis yang menggunakan  internet, computer network dan Teknologi Informasi sebagai support  system.

E-commerce adalah kegiatan bisnis yang meliputi membeli, menjual, dan pemasaran produk, jasa, dan informasi melalui Internet dan jaringan lainnya.

E-commerce dan E-Business berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi IT dan penetrasi penggunaan internet di masyarakat dunia yang makin meluas. Hal itu juga didukung dengan cara berbelanja online yang didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan costumernya, tanpa perlu antri di kasir serta hemat waktu yang kini menjadi trend khususnya di Negara berkembang dan Negara maju.

Cross Functional System
       Cross Functional System merupakan system yang menyeberangi / melewati batas-batas fungsi bisnis tradisional, digunakan untuk merekayasa ulang dan meningkatkan proses bisnis penting di seluruh perusahaan, ilustrasinya sebagai berikut :




Enterprise Application Architecture


Berikut ini adalah ilustrasi Enterprise Application Architecture yang digunakan dalam E-Business, diadaptasi dari proses bisnis yang terdapat dalam operasional perusahaan.



Penjelasan ilustrasi tersebut di atas adalah :
       Enterprise Resource Planning (ERP)
      Konsentrasi pada efisiensi produksi internal, distribusi, dan proses keuangan
       Customer Relationship Management (CRM)
      Fokus pada mendapatkan dan mempertahankan pelanggan yang menguntungkan melalui pemasaran, penjualan, dan jasa
       Partner Relationship Management (PRM)
      Bertujuan memperoleh dan mempertahankan mitra usaha sehingga  dapat meningkatkan penjualan dan distribusi produk dan jasa
       Supply Chain Management (SCM)
      Berfokus pada pengembangan sumber dan proses pengadaan yang paling efisien dan efektif
       Knowledge Management (KM)
      Fokus pada memfasilitasi kolaborasi kelompok dan keputusan dukungan internal


Enterprise Application Integration (EAI)


Software EAI menghubungkan sistem lintas fungsional  (Cross Functional System)
Berfungsi sebagai middleware untuk memberikan  :
      Data konversi
      Komunikasi antara sistem
      Akses ke antarmuka sistem


Cara Kerja EAI sebagai berikut :

Transaction Processing System


Pada kegiatan operasional E-Business, tentu perlu diperhatikan bagaimana pemrosesan transaksi dilakukan oleh system, sebagaimana dijelaskan di bawah ini :


Pada system ini memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti telepon, computer, internet, database, server yang mana saling terhubung dan terintegrasi sehingga mampu melaksanakan pemrosesan transaksi pemesanan barang secara online pada e-business.
Transaction Processing System pada e-business umumnya menggunakan metode pemrosesan data secara real time (online). Artinya costumer bisa langsung mendapatkan informasi detail mengenai data transaksi pembelanjaan yang dilakukannya pada saat itu juga. Termasuk juga jika e-business tersebut memberlakukan metode pembayaran yang dapat dilakukan online menggunakan kartu kredit atau virtual account.
Namun pada beberapa hal dapat juga diberlakukan metode pemrosesan data secara batch, yaitu data dikumpulkan hingga batas ketentuan tertentu baru dilakukan datanya diproses.

Transaction Processing Cycle


Berikut ini adalah ilustrasi siklus pemrosesan transaksi yang terjadi pada e-business :


Enterprise Collaboration System Tools


Enterprise Collaboration System Tools adalah alat yang digunakan pada sistem informasi lintas fungsional yang tujuannya untuk meningkatkan efektifitas kinerja tim dan workgroup dalam hal :
·         komunikasi
·         koordinasi
·         kolaborasi
Sistem ini dapat mencakup Workstation pada Jaringan Komputer, server, database, groupware dan paket-paket aplikasi yang digunakan sesuai kebutuhannya.

Penggunaan TI dalam Bisnis


Pemanfaatan teknologi informasi (IT) dalam bisnis dapat diterapkan pada banyak divisi yang terkait dengan operasional bisnis perusahaan. Hal itu dikarenakan IT bersifat fleksibel, dapat didesain sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Penerapan teknologi informasi akan meminimalkan biaya bisnis proses, baik dalam hubungannya dengan konsumen maupun supplier. Selain itu juga meningkatkan service / layanan yang diberikan kepada pelanggan. Tentu hal ini akan berpengaruh pada loyalitas pelanggan dan keberlangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang.
Bahkan dalam bisnis juga perlu adanya inovasi produk baru yang dapat melibatkan teknologi informasi sebagai komponennya. Selain itu dengan memaksimalkan pemanfaatan IT dalam bisnis tentu akan menciptakan pasar yang baru dan juga akan menciptakan peluang-peluang baru yang nantinya dapat dikembangkan lebih baik lagi oleh bagian marketing atau divisi business development pada perusahaan.
Berikut ini adalah ilustrasi penerapan penggunaan IT dalam berbagai bidang yang dapat menunjang bisnis perusahaan :












Daftar Pustaka

Ø  O’Brien, James A., Introduction To Information System, Edisi 15, McGraw-Hill, Salemba Empat, 2010.









No comments:

Post a Comment